Top

Asep Topan, M.Sn.

  /     /   Asep Topan, M.Sn.
Asep Topan, M.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni

Profil Pengajar

Asep Topan, M.Sn. (l. Majalengka, 1989) adalah seorang kurator dan pendidik yang berbasis di Jakarta. Ia bekerja sebagai dosen di Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta dan sebagai kurator di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN).

Memiliki pendidikan formal sebagai seorang perupa, ia telah bekerja sebagai kurator seni kontemporer sejak 2013 dengan fokus pada isu-isu sosial-politik melalui pendekatan transdisipliner. Ia menjadi salah satu partisipan dalam de Appel Curatorial Programme, Amsterdam (2015-16); meraih gelar Magister Seni dalam bidang Kekuratoran dan Manajemen Seni dari Institut Teknologi Bandung (2017); serta gelar Sarjana Seni dari Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (2011).

Beberapa pameran seni rupa yang telah ia kuratori di antaranya ialah ‘Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run?’ dan ‘Dunia dalam Berita’ di Museum MACAN, ‘You Must Make Your Death Public’ di de Appel Arts Centre (co-kurator), dan Jakarta Biennale 2015 ‘Maju Kena Mundur Kena: Bertindak Sekarang’ (co-kurator).

Selain itu ia telah banyak terlibat dalam berbagai proyek penelitian seni, menulis esai di katalog pameran, dan menerbitkan antologi tulisan pada tahun 2014 berjudul Sketsa dan Sebuah Kesalahan. Ia telah diundang oleh sejumlah institusi sebagai dosen tamu dan pembicara, terutama pada praktik kuratorial. Di FSR IKJ, ia menjadi pengajar untuk beberapa mata kuliah seperti Aktivisme Seni Rupa, Kajian Pameran Seni Rupa dan Metode Penelitian.

Pendidikan

de Appel Curatorial Programme
Curatotial Studies (2015 – 2016)
Institut Teknologi Bandung
Magister Seni dalam bidang Kekuratoran dan Manajemen Seni (2014 - 2017)
Institut Kesenian Jakarta
Sarjana Seni dari Fakultas Seni Rupa (2007 - 2011)
Daftar