Desain Mode & Busana
Top
Image Alt

Desain Mode & Busana

  /  Akademik / Desain Mode & Busana
Mangesti Rahayu, S.Sn,M.Pd
Kepala Program Studi:
Kategori
Desain

Sekilas Desain Mode & Busana

Visi Program Studi

Menjadi pusat pendidikan Desain Fashion yang tanggap pada dinamisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang fashion yang terintegrasi antar disiplin ilmu dan seni yang lain serta berkarakter budaya urban Indonesia pada tahun 2026.

 

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang fashion, sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan/atau pengkaji.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan, penelitian dan informasi yang menjadi landasan bagi industri kreatif di bidang fashion yang terbuka bagi seluruh masyarakat.
  3. Melakukan kegiatan kesenirupaan khususnya kegiatan terkait bidang fashion sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang konsep fashion secara mandiri dengan metode perancangan yang berbasis riset berdasarkan prinsip-prinsip desain fashion, dan melalui kajian terhadap isu terkini sehingga menghasilkan karya desain fashion yang kreatif, inovatif, serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menyusun, mengevaluasi dan menjelaskan konsep rancangan fashion secara koheren berdasarkan aspek kebutuhan dan perilaku konsumen, estetika, sosial, sejarah, teknologi dan nilai-nilai budaya yang terkait dengan desain.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkomunikasikan dan mempresentasikan ide, informasi, serta hasil rancangan secara efektif dalam bentuk gambar/sketsa, tulisan, desain fashion, atau model baik dengan teknik manual, digital, maupun produk jadi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan prinsip entrepreneurship dalam mengembangkan berbagai kreasi, pemecahan masalah dan keterampilan praktis dalam menghasilkan rancangan fashion.

Program ini menyiapkan mahasiswa untuk menguasai penciptaan produk fesyen yang berkaitan dengan gaya hidup. Mahasiswa mempelajari pelbagai teknik dan metode produksi maupun material tekstil serta proses, menawarkan produk yang terkait dengan penciptaan fesyen. Mereka juga belajar sejarah fesyen, manajemen produksi, dan produksi terkait industri fesyen. Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan ‘fashion show’ di kampus dan ruang-ruang publik lainnya.

Materi Studi

Pengetahuan sejarah mode, membahas prinsip-prinsip perancangan mode & busana meliputi konsep rancangan mode adi busana, art fashion, busana siap pakai, jenis-jenis bahan dan rancangan pola teknik pembuatan.

Lapangan Kerja

  • Sebagai desainer atau ilustrator pada rumah mode dan industri garmen.
  • Bekerja sebagai tenaga penata busana untuk produksi film , tv, dunia entertainmen dan pementasan tari , teater serta musik.
  • Menjadi pengamat , konsultan ,  kritikus mode , peneliti , pengajar dan penulis bidang kajian desain mode busana.
  • Bekerja secara mandiri dengan membuka studio mode busana secara profesional.

Pengajar Desain Mode & Busana :

Retno Andri P,M.Sn

Retno Andri P,M.Sn.

Pengajar Program Studi Desain Mode
Novi Yuniarti T,S.Sn

Novi Yuniarti T,S.Sn.

Pengajar Program Studi Desain Mode
M. Fahmi,S.Sn

M. Fahmi,S.Sn.

Pengajar Program Studi Desain Mode

Eva Zulfa Ivana,S.Sn.

Pengajar Program Studi Desain Mode
Mangesti Rahayu, S.Sn,M.Pd

Mangesti Rahayu, S.Sn,M.Pd

Ketua Program Studi Desain Mode
Daftar