Top
  /     /   Kabar Seni Rupa IKJ

Penerimaan Mahasiswa Baru Seni Rupa IKJ | gelombang 3

Sehubungan dengan pelaksanaan Ujian Masuk Calon Mahasiswa Baru Tahun 2020/2021 Gelombang 3 Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta yang sedianya akan dilaksanakan pada Sabtu, 4 Juli 2020 dan mengingat pandemi covid-19 yang belum mereda, serta sesuai panduan pelaksanaan kegiatan akademik di lingkungan pendidikan tinggi dari pemerintah, maka bersama ini diputuskan bahwa pelaksanaan ujian masuk Mahasiswa Baru FSR IKJ dilangsungkan secara online.

Untuk itu pelaksanaan Ujian Masuk Mahasiswa Baru secara online Tahun 2020/2021 Gelombang 3 menggunakan tahapan sebagai berikut:

  1. Calon Mahasiswa Baru yang sudah mendaftar dan atau menyelesaikan persyaratan administratifnya akan dikabari oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) FSR IKJ melalui WA, email, mengenai perubahan proses pelaksanaan tes/ujian masuk untuk Calon Mahasiswa Baru. Tes/ujian PMB yang biasanya diselenggarakan secara konvensional/di lokasi (FSR-IKJ) menjadi tes/ujian online/daring yang bisa diakses oleh calon mahasiswa baru melalui domisili masing-masing.
  2. Selanjutnya calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan persyaratan administratif (pembayaran formulir) akan dikirimi link/tautan akses materi tes/ujian melalui email. Link/tautan materi tes/ujian tersebut baru dapat diakses pada tanggal ujian dimulai yaitu sesuai jadwal sebagai berikut:
    1. a) Penjelasan (Brief) Ujian/Tes Menggambar
      • Hari, Tanggal : Kamis, 2 Juli 2020, pukul 08.00 WIB
      • Pengiriman tautan (link) brief (penjelasan) soal ujian ke email masing-masing calon mahasiswa.
    2. b) Penjelasan (Brief) Unggah Contoh Karya (portfolio) calon mahasiswa
      • Hari, Tanggal : Kamis, 2 Juli 2020, pukul 08.00 WIB
      • Pengiriman tautan (link) brief (penjelasan) unggah contoh karya ke email masing-masing calon mahasiswa.
    3. c) Ujian/Tes Menggambar
      • Hari, Tanggal: Jumat, 3 Juli 2020, pukul 08.00 – 23.59 WIB
    4. • Tautan (link) brief (penjelasan) soal ujian dan unggahan (upload) Ujian Gambar dan Portfolio: bit.ly/f1pmbfsrikj
    5. • Batas Waktu Upload Ujian Menggambar
    6. • Hari, Tanggal : Sabtu, 4 Juli 2020, pukul 23.59 WIB
    7. d) Ujian/Tes Pengetahuan Umum Seni Rupa dan Data Diri Calon Mahasiswa
    8. • Hari, Tanggal : Sabtu, 4 Juli 2020, pukul 07.00 – 23.59 WIB
    9. • Tautan (link) Ujian Pengetahuan Umum Seni Rupa: bit.ly/f2pmbfsrikj
    10. Tautan (link) Deskripsi Diri Calon Mahasiswa: bit.ly/f3pmbfsrikj
    11. e) Pengumuman Kelulusan
      • Hari, Tanggal : Rabu, 8 Juli 2020, pukul 01.00 WIB
      • Melalui laman pmb.ikj.ac.id
  1. Untuk kegiatan tes/ujian menggambar link/tautan menuju laman brief tes/ujian menggambar yang terletak di web senirupaikj.ac.id, dapat diakses melaui email masing-masing calon mahasiswa mulai tanggal 2 Juli 2020.
  2. Untuk kegiatan unggah contoh karya (portofolio) calon mahasiswa link/tautan menuju laman brief unggah contoh karya (portofolio) yang terletak di web senirupaikj.ac.id, dapat diakses melaui email masing-masing calon mahasiswa mulai tanggal 3 Juli 2020.
  3. Setelah membaca dan memahami dengan jelas isi brief maka calon mahasiswa dipersilakan menyiapkan peralatan dan media yang digunakan untuk mengerjakan tes/ ujian menggambar serta menyiapkan contoh karya (portofolio) yang telah dimiliki oleh calon mahasiswa secara mandiri di domisili masing-masing.
  4. Calon mahasiswa dapat mulai mengerjakan tes/ujian pada tanggal 3 Juli 2020 dan menyelesaikannya sesuai dengan format file dan ketentuan akhir yang diminta pada brief (penjelasan) tes/ujian menggambar. Jika format dan besar file yang akan di unggah (upload) tidak sesuai ketentuan maka secara otomatis akan ditolak (reject) oleh server.
  5. Calon mahasiswa dapat mengunggah (upload) gambar hasil mengerjakan tes/ujian serta contoh karya (portfolio) hingga tanggal 4 Juli 2020 pukul 23.59 WIB melalui tautan/link upload bit.ly/f1pmbfsrikj yang ada pada form materi tes/ujian menggambar (form 1).
  6. Untuk kegiatan tes/ujian Pengetahuan Umum Seni Rupa dan data diri calon mahasiswa link/tautan menuju form tes/ujian online (form 2: bit.ly/f2pmbfsrikj dan form 3: bit.ly/f3pmbfsrikj), dapat diakses pada tanggal 4 Juli 2020 sesuai jadwal.
  7. Tautan/link form tes/ujian dapat diakses selama jadwal tes/ujian masih berlangsung dan selama calon mahasiswa belum memilih tombol selesai/unggah/kirim. Jika calon mahasiswa sudah memilih tombol selesai/unggah/kirim atau waktu tes/ujian sudah selesai maka tautan/link menuju form tidak akan dapat diakses atau diubah lagi isinya.
  8. Tautan/link pengumuman hasil tes/ujian PMB akan dikirimkan ke calon mahasiswa melalui email atau akun PMB IKJ masing-masing calon mahasiswa pada tanggal 8 Juli 2020.

Calon Mahasiswa Baru FSR IKJ agar mengikuti tahapan kegiatan sesuai ketentuan dan jadwal yang telah disebutkan di atas dan jika ada informasi yang dibutuhkan peserta dapat bertanya melalui email Panitia PMB di alamat email: [email protected] atau nomor WhatsApp di 0821-2229-2407.

Demikian informasi pelaksanaan ujian masuk Mahasiswa Baru FSR IKJ ini kami sampaikan dan atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Jakarta, 17 Juni 2020

Yudi Amboro,M.Sn.
Ketua Panitia PMB FSR IKJ

Ujian Gambar & Portfolio

Soal Gambar:
Buatlah suasana PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akibat pandemi Covid-19 di daerah atau lingkungan anda masing-masing. Anda bebas menentukan lokasi tempatnya, sebagai contoh daerah perkampungan, perumahan, perkantoran, dan lain-lain.

Objek yang wajib ada pada gambar:
Masker penutup wajah, sarung tangan, sabun pembersih tangan, kran air, portal penutup jalan, thermometer pengukur suhu badan, dan pakaian APD.

(Pilih minimal 3 objek tetapi boleh lebih ataupun semua objek yang  tersedia. Boleh juga menambahkan objek-objek lain untuk mendukung tema.)

Teknik
Bebas – Berwarna

Media
Pensil Warna/Cat Air/Cat Poster/Crayon/ Mix Media

Ketentuan Teknis Pengumpulan

  • Gambar dikerjakan di kertas gambar berukuran maksimal A3 (29,7 x 42 cm), peserta bebas menentukan orientasi kertas gambar (portrait/vertikal/berdiri atau landscape/horizontal/mendatar)
  • Silakan pindai(scan)/foto hasil gambar Anda, pastikan kualitas sesuai dengan hasil aslinya.
  • Dimensi hasil pindai/scan karya untuk diunggah maksimal: 1024×768 pixel
  • Ukuran Maksimal: 5 mb
  • Format dokumen yang diterima: jpg/jpeg/png
  • Penamaan Dokumen: (Nama Peserta)_(No Pendaftaran)_ujiangambar.jpg
    contoh: AgusBudi_1234567890_ujiangambar.jpg
  • Unggah dokumen gambar Anda dan contoh karya/portfolio yang pernah anda buat terdahulu (opsional) di area yang disediakan pada tautan berikut bit.ly/f1pmbfsrikj

Daftar Tautan Ujian Masuk Mahasiswa Baru:

  1. Ujian Gambar dan Portfolio: bit.ly/f1pmbfsrikj
    keterangan: Dapat diakses pada 3 Juli 2020 dan akan ditutup 4 Juli 2020 pukul 23.59
  2. Pengetahuan Umum Seni Rupa: bit.ly/f2pmbfsrikj
    keterangan: Dapat diakses pada 4 Juli 2020 pukul 07.00 dan akan ditutup 4 Juli 2020 pukul 23.59
  3. Deskripsi Diri Calon Mahasiswa: bit.ly/f3pmbfsrikj
    keterangan: Dapat diakses pada 4 Juli 2020 pukul 07.00 dan akan ditutup 4 Juli 2020 pukul 23.59

Catatan:

  • Calon mahasiswa yang telah mengakses dan menyelesaikan seluruh pertanyaan pada form tidak dapat mengakses ulang/memperbaiki, pastikan calon mahasiswa memperhatikan secara seksama seluruh pertanyaan dan menjawab sesuai perintah yang diberikan.
  • Fakultas Seni Rupa IKJ tidak memberikan waktu perpanjangan pengisian formulir, pastikan Anda memperhitungkan kondisi jaringan dan waktu pengisian/pengunggahan dokumen.
  • Perhatikan ukuran dokumen yang diunggah (upload), karena hal ini akan berpengaruh pada keberhasilan dan kecepatan proses pengunggahan.
  • Seluruh jawaban dan karya yang diunggah adalah tanggung jawab calon mahasiswa, apabila ada materi yang tidak sesuai ketentuan atau melanggar undang-undang yang berlaku (contoh: Undang-undang terkait Hak Cipta), maka pihak Seni Rupa IKJ berhak untuk memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.
Daftar