Top
  /     /   Kabar Seni Rupa IKJ

Pameran Fotografi dan Fashion Show Dosen FSR IKJ Festival Budaya Indonesia di Kazakstan

Dalam rangka festival Budaya Indonesia yang diadakan tiga kementerian Republik Indonesia, yaitu Kementerian Luar Negri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta (FSR IKJ) mendapat kepercayaan mendukung kegiatan tersebut dalam bentuk pameran Fotografi dan Fashion Show dari karya-karya pengajar FSR IKJ. Kegiatan yang berlangsung tanggal 1 sd 4 September 2013 ini merupakan festival Indonesia pertama dan terbesar di Asia Tengah. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Muhammad Nuh didampingi Menteri Kebudayaan dan Informasi Kazakstan, Mukhtar Kul-Muhammed, pada 2 Septemebr 2013.

Pameran fotografi karya dosen FSR IKJ diadakan di hall gedung Pyramid, Astana, dengan menampilkan tema-tema budaya dan persahabatan, kegiatan ini dikuratori oleh fotografer professional Indonesia yaitu Fendy Siregar dan Dosen Tetap FSR IKJ, Arryadianta yang juga sebagai fotografer. Sementara pagelaran fashion show menampilkan karya-karya dosen FSR IKJ, Sonny Muchlison, yang menampilkan pesona budaya Indonesia khususnya Tenun dan Batik. Sambutan penonton untuk dua kegiatan tersebut sangat baik, bahkan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Prof Dr. Kacung Marijan, memberikan apresiasi yang sangat tinggi, โ€œsaya sangat bangga dengan karya fashaion show karya dosen FSR IKJ dan berharap di masa mendatang bisa terlibat pada kegiatan seni budaya Indonesia di luar negeriโ€, ujar Prof. Katjung seusai fashion show.

Menurut Dekan FSR IKJ, Citra Smara Dewi, keterlibatan FSR IKJ pada kegiatan internasional merupakan implementasi dari program kerjasama internasional sekaligus sebagai peran aktif IKJ dalam memperkenalkan potensi budaya Indonesia ke dunia internasional, โ€œsebagai perguruan seni tertua di kota Jakarta, peran FSR IKJ memang tidak perlu diragukan lagi, berbagai bentuk kegiatan internasional yang melibatkan baik mahasiswa, dosen maupun alumni IKJ merupakan bukti bahwa IKJ memang memegang peranan penting bagi perkembangan dan jati diri bangsa Indonesiaโ€, tegas Citra dengan penuh rasa optimis. Wakil FSR IKJ pada kegiatan festival Budaya Kazakhstan, yaitu Dekan FSR IKJ, Citra Smara Dewi, M.Si, Wakil Dekan bidang kerjasama Sri Fariyanti Pane, M,Sn, Dosen IKJ sekaligus fotografer, Arryadianta, M.Sn dan Dosen IKJ sekaligus desainer fashion, Sonny Muhclison, M.Sn.

Sebarkan :
Daftar