Kabar SeniRupa IKJ | Sabtu, 11 Maret 2017

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia bekerjasama dengan ZOYA, brand busana muslim di bawah naungan Shafira Corporation (Shafco) menghadirkan ajang kompetisi Modest Young Designer Competition (MYDC). Peserta kompetisi ini ditujukan bagi warga Indonesia berusia 17-35 tahun dan meraka wajib mengirimkan enam buah sketsa desain modest ready to wear dengan tema “The Z-Digitarian”. Dari sekian banyak peserta terseleksi 15 finalis yang akan mendapatkan coaching dari desainer senior untuk merealisasikan 3 desain yang akan presentasikan melalui peragaan busana pada perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017. Empat dari 15 finalis  kompetisi ini merupakan alumni Desain Produk Mode FAKULTAS Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta, diantaranya Ratna Widiaystuti, Gunawan Putra, Muhammad Aji Untung Suropati dan Ray Anjas Maulana. Ray Anjas Maulana memenangkan juara 1 dan berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 15.000.000, berkesempatan mengikuti pameran dagang Hong Kong Fashion Week, dan mendapatkan kontrak kerja sebagai desainer brand ZOYA. Muhammad Aji Untung Suropati memenangkan juara ketiga dan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 7.500.000. 




Penilaian kompetisi ini dilakukan oleh para juri yang terdiri dari para praktisi di dunia fashion seperti, Ali Charisma (National Chairman Indonesian Fashion Chamber selaku Ketua Juri), Feny Mustafa (Shafco), Taruna K. Kusmayadi (Fashion Designer/Entrepreneur), Sofie (Fashion Designer/ Entrepreneur), Hannie Hananto (Fashion Designer/Entrepreneur), Restu Anggraini (Fashion Designer/Entrepreneur), dan Ratna Irina (Editor in Chief Fimela.com). Kriteria penilaian berdasarkan kreativitas, orisinalitas, kesesuaian dengan tema, daya pakai, kerapihan, ketepatan pemilihan bahan, daya jual, dan kesiapan dari segi bisnis (http://muslimfashionfestival.com).  

Mengikuti kegiatan-kegiatan di luar kampus seperti pameran, workshop, kompetisi dan lain-lain siswa diharapkan mendapatkan pengalaman yang dapat menambah wawasan dan kepercayaan diri untuk semakin mantap menapakan kaki di dunia fashion. Kemenangan yang diraih bukan hanya membanggakan tetapi juga diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas untuk berkiprah di industri fashion Indonesia.