Seni Murni
Top
Image Alt

Seni Murni

  /  Akademik / Seni Murni
Kepala Program Studi:
Kategori
Desain

Sekilas Seni Murni

Visi Program Studi

Menjadi pusat pendidikan Seni Murni yang tanggap pada dinamisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni yang terintegrasi antar disiplin ilmu dan seni yang lain serta berkarakter budaya urban Indonesia pada tahun 2026.

 

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan bidang seni murni, sebagai seniman/pelaku, pengelola kesenian, pemikir dan/atau pengkaji seni peka terhadap lingkungan, perkembangan teknologi dan dinamisasi sosial budaya.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan dan penelitian bidang seni murni yang terbuka bagi seluruh masyarakat.
  3. Melakukan kegiatan kesenian khususnya bidang seni murni yang berbasis interdisipliner dan multidispliner sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

 

Tujuan Program Studi Seni Murni FSR IKJ:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu membuat karya dengan gagasan, teknik dan media konvensional maupun interdisipliner.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkelola dan mengikuti pameran baik individu ataupun kelompok yang bersifat regional, nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis karya dengan mempertimbangkan aspek estetika, semiotika, sosial dan budaya urban.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melahirkan karya ilmiah di bidang Seni Murni yang bermanfaat bagi masyarakat”

 

I. Peminatan Seni Grafis

Program ini melatih mahasiswa dalam teknik cetak, pengetahuan material, konsep dan teori seni, prinsip-prinsip estetika, unsur-unsur ekspresi dan penerapan serta pengembangan kompetensi dan kualifikasi. Mahasiswa belajar bagaimana menjelajahi semua teknik dan material yang dikenal di bidang ini. Penjelajahan semacam ini akan membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk menemukan ekspresi dan kreativitas pribadimereka yang sesungguhnya yang didasarkan pada idealisme artistik.

Materi Studi

Mengenal dan mempelajari berbagai teknik cetak, pengetahuan bahan, konsep wawasan berkesenian, memahami prinsip-prinsip estetika, elemen-elemen ekspresi serta membahas penerapan dan pengembangan eksplorasi teknik dan bahan sebagai ungkapan pribadi

Lapangan Kerja

  • Menjadi seniman grafis profesional, dan kerja mandiri membuka studio, melakukan  pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, penulis bidang kajian seni grafis.
  • Bekerja di perusahaan periklanan, studio-studio seni sebagai tenaga kreatif dan artistik. Bekerja sebagai penata artistik dalam produksi film, tv dan seni pertunjukan.

II. Peminatan Seni Lukis

Pengkhususan ini akan menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan berkualitas dalam keterampilan melukis. Mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai teknik lukis, pengetahuan tentang material, unsur-unsur ekspresi dan penerapan serta pengembangan melalui eksplorasi teknik-teknik dan material sebagai ungkapan pribadi.

Materi Studi

Mengenal dan mempelajari berbagai teknik melukis, pengetahuan bahan, konsep wawasan berkesenian, memahami prinsip-prinsip estetika, elemen-elemen ekspresi dan membahas penerapan serta pengembangan eksplorasi teknik bahan sebagai ungkapan pribadi

Lapangan Kerja

  • Menjadi seniman lukis profesional, dan kerja mandiri membuka studio, melakukan pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri.
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, penulis bidang kajian seni lukis.
  • Bekerja di perusahaan periklanan sebagai tenaga disainer dan illustrator juga bekerja di studio seni sebagai tenaga kreatif dan artistik.
  • Bekerja sebagai penata artistik dalam produksi film, tv dan seni pertunjukan.

 

III. Peminatan Seni Patung

Program ini menyiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional, berkompetensi dan berkualitas dalam bidang pahat, pengetahuan material, konsep-konsep seni, pemahaman prinspi-prinsip estetika, unsur-unsur ekspresi, dan teknik serta eksplorasi material sebagai eksplorasi pribadi untuk mengembangkan gagasan dan penciptaan kreatifitas berdasarkan konsep ekspresi tiga dimensi.

 

Materi Studi

Mengenal bentuk dengan berbagai teknik seni patung, pengetahuan bahan, konsep wawasan berkesenian, memahami prinsip estetika, elemen ekspresi dan membahas penerapan serta pengembangan eksplorasi teknik, bahan sebagai ungkapan pribadi.

Lapangan Kerja

  • Menjadi seniman patung profesional, dan kerja mandiri membuka studio, melakukan  pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri.
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, penulis bidang kajian seni patung.
  • Bekerja di perusahaan periklanan sebagai tenaga pembuat model dan juga bekerja di studio seni sebagai tenaga kreatif dan artistik.
  • Bekerja sebagai penata artistik dalam produksi film, tv dan seni pertunjukan.

 

Pengajar Seni Murni :

Dosen Seni-Seni Rupa IKJ

Budi L Tobing, M. Sn

Pengajar Program Studi Seni Murni
Dosen Seni-Seni Rupa IKJ

Dick Syahrir, S.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni
Lucky Wijayanti,M.Sn

Dr. Lucky Wijayanti

Pengajar Program Studi Seni Kriya
Dosen Seni-Seni Rupa IKJ

Drs. Hilman Syafriadi, M.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni

Firman Lie, M.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni

Guntur Wibowo M.Sn.

Ketua Program Studi Seni Murni
Hilarius Egedeus Sae, S.Sn

Hilarius Egedeus Sae, S.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni

Jimmy Ivan Suhendro, M.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni
Dosen Seni-Seni Rupa IKJ

Tantio Adjie, M.Sn.

Pengajar Program Studi Seni Murni

Tri Aru Wiratno, S.Sn.M.Si.

Pengajar Program Studi Seni Murni

Walid Syarthowi Basmalah, M.Sn.

Sekretaris Program Studi Seni Murni
Daftar