Desain Komunikasi Visual
Top
Image Alt

Desain Komunikasi Visual

  /  Akademik / Desain Komunikasi Visual
Kategori
Desain

Sekilas Desain Komunikasi Visual

Visi Program Studi
Pada tahun 2026 menjadi pusat pendidikan Desain Komunikasi Visual yang tanggap, pada dinamisasi perkembangan desain baik lokal maupun global yang teraplikasi dalam bidang Desain Grafis, Ilustrasi dan Multimedia yang berinterigasi dengan disiplin seni yang lain.

 

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan professional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan/atau pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan budaya baik lokal maupun global.
  2. Melakukan penelitian guna pengembangan bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilandasi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan berkarakter pada budaya urban Indonesia.

 

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecintaan dan minat pada desain komunikasi visual yang bersumber pada nilai-nilai budaya Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis dan ketrampilan sebagai perancang desain komunikasi visual yang tanggap terhadap dinamika budaya maupun global berwawasan HAM, HAKI, dan lingkungan  dan berkarakter urban Indonesia.
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang  dapat memperkaya perkembangan pengetahuan dan keahlian profesi  di bidang Desain Grafis, Ilustrasi atau multimedia.

 

Program ini mendidik mahsiswa untuk menjadi profesional dalam bidang desain grafis, ilustrator, atau spesialis multimedia yang memiliki kemampuan menghasilkan desain-desain inovatif untuk promosi, penerbitan, dan komunikasi digital dan berbagai kebutuhan. Mahasiswa belajar seni ilustrasi, tipografi, periklanan, fotografi, teknologi komunikasi media dan informasi. Mahasiswa juga diharapkan menguasai teori dan praktik media cetak dan ikhwal perusahaan penerbitan. Selain itu, mahasiswa fakultas ini mendapat kesempatan mempelajari sejarah gaya desain grafis dan teori komunikasi visual. Pada akhir kuliah mahasiswa disyaratkan untuk magang guna mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja bidang ini. Program DKV menawarkan 3 bidang peminatan :

 

I. Peminatan Desain Grafis

Program yang mendorong mahasiswa untuk melakukan penjelajahan atas proses kreatif, teori komunikasi dan desain, serta merancang dan mengelola proyek-proyek desain yang rumit. Kuliah pendukung lainnya seperti ilustrasi, fotografi, tipografi, proses produksi juga ditawarkan. Kuliah seperti pemasaran, komunikasi, dan bisnis adalah pelengkap yang penying dalam kurikulum program ini.

Materi Studi

Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.

Lapangan Kerja

Desainer Grafis, Konsultan Desain, Inhouse Designer, Penata Artistik, Tenaga kreatif pada : Advertising Agency, Media cetak, Penerbit Buku (Book Publishing), Event Organizer (EO) dan Public Relation.

 

II. Peminatan Desain Illustrasi

Program ilustrasi menyediakan lingkungan kerja kreatif dan bersemangat untuk melakukan ekplorasi, pengembanan, dan saling bertukar gagasan visual. Dalam perkuliahan selain menerapkan proses tradisional juga membuka kesempatan seluas-luasnya untuk bereksperimen dengan teknologi pencitraan digital yang mencerminkan keragaman praktik kontemporer. Menggambar juga merupakan aspek penting dari kurikulum yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan bahasa visual pribadi.

Materi Studi

Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar ilustrasi sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi dan entertaint. melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.

Lapangan Kerja

Ilustrator, Animator, Kartunis pada perusahaan industri kreatif seperti: Penerbit Buku (Book Publishing), Media Masa (Mass Media) di antaranya majalah, surat kabar, bulletin, Advertising Agency, Production House, Studio Animasi, Film Production dan Game Industry.

 

III. Peminatan Desain Multimedia

Program ini mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi profesional multimedia melalui proses belajar yang lengkap, mulai dari mempelajari prinsip-prinsip multimedia, proses perencanaan, cara menganalisis dan menyusun konsep multimedia sebagai media komunikasi visual hingga proses produksi dan karya akhir dalam bentuk media elektronik.

 

Materi Studi

Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar multimedia sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi dan entertainment. Melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.

Lapangan Kerja

Tenaga Kerja pada perusahaan industri kreatif : Broadcast Media, Desain Web, Advertising Agency, Production House, Games Industry, Animasi Studio, Film Production atau bekerja mandiri sebagai animator atau dengan membuka studio multi media.

Daftar